Minggu, 19 Juli 2015

Aku dan Gita Bahana Nusantara

WARNING!!!: Tulisan ini mungkin lebih ke arah curhat daripada ngasih informasi... :p

Jadi gini... Dulu waktu masih kelas satu SMK (tahun 2010), tepatnya tanggal 17 Agustus sekitar jam 10 siang, gw nggak sengaja nonton TV. Semua Televisi nasional di Indonesia menyiarkan acara yang sama, yaitu detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Di situ gw melihat sebuah paduan suara yang tampil dalam acara tersebut. Paduan suara itu keren banget menurut gue. Gw langsung suka dan ada keinginan juga buat bisa nyanyi di sana. Tapi dengan tampang polos, karena saat itu gw emang masih kelas 1 SMK, gw cuman bisa bertanya gimana yaa caranya buat bisa ikutan padus itu tadi. Pasti susah deh masuknya. Gw aja nggak pernah belajar musik sama sekali. Apalagi sekolah gw nggak pernah kedapetan info2 soal seleksi begituan. Tapi gw pengen. Tapi nggak ngerti caranya. Ribet banget dah idup... :p


Sejak saat itu, gw langsung jatuh cinta sama Paduan Suara itu (yg ternyata namanya adalah Gita Bahana Nusantara, disingkat jadi GBN). Setiap tahun, gw nggak pernah absen buat nonton acara upacara 17an di TV cuman buat ngeliat GBN tampil. Setiap GBN tampil, gw selalu menyaksikan sambil berkaca-kaca, mungkin nggak yaah gw bisa jadi bagian dari mereka. Pasti bangga banget deh bisa jadi bagian dari Gita Bahana Nusantara, bisa nyanyi bareng seluruh putra bangsa Indonesia dari seluruh provinsi. Jadi perwakilan di event terpenting negara lah pokoknya. Tapi kembali lagi dengan tampang polos gw waktu itu, gw pengen ikut GBN, tapi nggak tau caranya. Yang gw bingung itu, dulu kenapa gw nggak cari2 informasi yaa soal GBN. Gw juga lupa kenapa bisa gitu, mungkin dulu terlalu fokus sama masa2 galau di SMK yg nggak perlu gw ceritain di sini. :p

Waktu terus berlalu... Sampai akhirnya gw lulus SMK dan gw pikir kesempatan buat ikut GBN udah nggak mungkin lagi. Beneran, waktu itu gw mikirnya GBN cuma bisa buat anak SMA aja, jadi kalo udah lulus yaa udah nggak mungkin bisa lagi. Ya udah deh mungkin emang gw nggak ditakdirkan buat ikutan GBN kali yaah. Intinya sampai gw lulus pun, gw masih tetep nonton GBN di TV, sambil tetep berkaca-kaca dan berpikir betapa bangganya mereka yang punya kesempatan buat ikutan GBN.

Singkat cerita (sebetulnya panjang sih ceritanya), gw akhirnya melanjutkan untuk mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Gw ikut salah satu UKM paduan suara di kampus. Di situ gw belajar teknik bernyanyi yang baik, belajar baca not balok, dan semua itu bener2 gue pelajari dari nol, karena gw emang gak punya basic padus sama sekali. Hingga pada suatu malam setelah latihan padus (tahun 2014), salah satu kaka PSM, sebut saja Parda, mengumumkan kalau Disbudpar Tangsel mau ngadain audisi Gita Bahana Nusantara. Mendengar itu, gw langsung seneng banget. Ternyata masih ada kesempatan buat ikutan GBN. Sesuatu yang gw pikir udah nggak mungkin lagi, ternyata sekarang ada di depan mata, cuma tinggal diperjuangin aja. Rasanya tuh kayak gerbang yang tadinya udah tertutup rapat, sekarang kebuka lagi. Jiaaahhh... Lebay... :p

Gw pun memutuskan untuk ikut audisi GBN tingkat kota Tangerang Selatan bersama temen2 PSM yang lain. Dan Alhamdulillah gw bisa lolos audisi tingkat kota dan melanjutkan audisi ke tingkat Provinsi Banten. FYI: Penyanyi yang nanti dikirim ke tingkat nasional itu adalah mereka yang lolos audisi tingkat privinsi. Jadi setiap provinsi di Indonesia mengirimkan empat orang perwakilan (idealnya mewakili empat jenis suara, yaitu Sopran, Alto, Tenor dan Bass), untuk bernyanyi pada saat upacara kemerdekaan nanti. Sayangnya, gue nggak lolos seleksi tingkat provinsi Banten saat itu, berarti kesempatan gw buat bisa bergabung dengan GBN harus tertunda. :(

Untungnya, meskipun gagal untuk jadi bagian dari GBN saat itu, ternyata gw masih punya kesempatan untuk ikut seleksi lagi tahun depan. Gw pun berencana untuk ikut seleksi lagi tahun depan. Gw menunggu selama satu tahun (dalam arti, bener2 gw tunggu selama satu tahun, dan itu lama).

Tahun 2015... Setahun telah berlalu (meskipun ditulis cuman beda paragraf, kenyataannya satu tahun itu lama yaa). Mendekati bulan Mei, gw mulai cari2 info seputar audisi GBN. Tapi kok nggak dapet2 yaah infonya. Kadang suka takut ketinggalan informasi. Tapi mau gimana di internet juga gak ada infonya. Hingga pada suatu pagi, gw lupa tanggal berapa, intinya pada hari senin, grup whatsapp gw ramai dengan informasi audisi GBN. Seneng sih akhirnya ada info juga. Cuman yg bikin shock itu, ternyata audisi nya udah tinggal keesokan harinya. Ya ampun udah tinggal besok, mana suara gw saat itu lagi nggak enak. Gimana ini... Tapi mau nggak mau, siap nggak siap, gw harus ikut audisi. Jadi sebenernya gini, pihak budpar nya sih katanya udah ngirim surat dari jauh2 hari ke pihak akademik kampus, tapi pihak kampus nya nggak langsung menyampaikan ke kita gitu. Kan rese... -__-"

Keesokan harinya... Gw dateng pagi2 ke bilik buat vokalisi. Bilik itu adalah sebutan untuk ruang sekretariat padus yg gw ikuti. Di sana gw vokalisi bersama beberapa teman seperjuangan. Nggak lama setelah vokalisi, kami langsung berangkat ke lokasi audisi yg letaknya di Puspitek. Gw juga gak terlalu paham itu di mana karena gw sendiri bukan warga Tangsel. Yaa pokoknya di sekitaran situ lahh. Hehehe... Hari itu gw sampe bolos kuliah looh supaya bisa fokus audisinya... :p

Sesampainya di lokasi audisi, kami langsung registrasi, dan ternyata audisi saat itu sudah mau dimulai. Ada banyak peserta dari berbagai SMA dan Universitas di kota Tangsel. Ketika audisi nya dimulai, MC acara menyebutkan kalo kategori suara yg dilombakan itu cuman ada tiga, yaitu suara Sopran, Alto dan Tenor. Lagi-lagi, gw shock saat itu. Kenapa cuman tiga suara? Kenapa nggak ada bass nya? Kan seharusnya memang ada empat suara. Terus gimana dong nasib gw yg seorang Bass. Gw pun bingung harus gimana. Gw nggak mungkin maksain diri jadi Tenor. Tapi gw udah jauh2 dateng ke situ, sampe bolos kuliah segala. Gw pun gak mau menyia-nyiakan mimpi gw buat ke GBN cuma gara2 sistem yg kayak begini. Yaudah gw pun memutuskan untuk tetap nyanyi bass apapun yg terjadi. Kalopun nanti akhirnya gw gagal, gw sudah mencoba yg terbaik. Dan anehnya lagi, audisi saat itu nggak ada tes baca notasi. Jadi bener2 cuman suara aja yg dinilai. Padahal kan lumayan bisa nyuri skor di situ. Duuh kok kayak gini amat sihh -__-"

Audisi pun dimulai. MC memanggil nama peserta secara acak. Jadi bukan berdasarkan nomor urut tampil. Sampai pada akhirnya nama gw dipanggil, gw maju menyanyikan lagu Gugur Bunga, dengan suara bass tentunya. Nggak ngerti lagi deh nanti hasilnya gimana. Tapi gw juga nggak mau pasrah karena mungkin tahun ini kesempatan terakhir gw buat ikut GBN. Karena kalo lolos kan harus dikarantina selama bulan Agustus. Kalo tahun ini gw gagal, mungkin tahun depan gw udah nggak bisa lagi karena Agustus tahun depan gw sudah harus KKL. KKL itu salah satu kurikulum perkuliahan yg harus gw tempuh di bulan Agustus, yg artinya tahun depan gw udah nggak bisa ikut GBN karena pasti kalo lolos pun gw gak bakalan bisa ikut karantina. :(

Tiba saatnya pengumuman, gw duduk sambil mendengarkan dengan seksama. Apakah nama gw akan disebut atau enggak. Dan ternyata... Nama gw disebut sebagai salah satu juara kategori tenor. Gw sebenernya nggak nyangka bisa jadi salah satu pemenang. Seneng sihh... Tapi nggak bisa dipungkiri kalau gw juga sedih. Gw berhasil menjadi salah satu pemenang, tapi gw hanya sekedar juara III kategori suara tenor. Jujur, gw bukannya nggak bersyukur, beneran deh gw Alhamdulillah banget tetep bisa jadi pemenang. Tapi yg bikin gue sedih, gw nggak bisa melanjutkan perjuangan gw di tingkat provinsi, karena yang akan dikirim ke provinsi hanya yang juara I dari tiap kategori. Padahal mimpi gw kan buat bisa nyanyi di tingkat nasional. Dengan demikian, artinya perjuangan gue di tingkat kota Tangerang Selatan cukup sampai di sini. :'(

Oh yaa... Pelajaran berharga pada hari itu adalah, gue jadi tau gimana rasanya ada di posisi ketiga. Jadi kebetulan yang terpilih sebagai juara 1 tenor adalah salah satu partner nyanyi terbaik gw di PSM. Dia sama2 satu padus sama gw, namanya Javert. Tahun lalu, di tingkat audisi yg sama, gw berhasil meraih juara 1 kategori suara bass dan dia yg berada di posisi ketiga suara bass. Entah Tuhan punya rencana apa, tahun ini jadi terbalik, dia yg ada di peringkat satu sedangkan gw di peringkat tiga. Gw jadi tahu apa yang dia rasakan setahun yang lalu. Rasanya yaa kayak gini, di satu sisi lu bahagia karena bisa ngeliat temen terbaik lu jadi juara, tapi juga sedih karena kita hanya ada di belakang dia. Tapi, Javert pantes kok jadi juara. Dia jauh, jauh lebih baik dari gw, di segala sisi. Sukses yaa Jaa... Untuk berjuang lagi di tingkat Provinsi. Semoga bisa lolos sampai tingkat nasional dan melanjutkan mimpi gw buat bisa ke GBN... :')

Your Singing Partner
-K for Kabil-

***

Eiiits... Tapi tunggu dulu. Sebenernya gw masih ada satu cerita lagi yang belum gw ceritakan soal GBN. Sebenernya, gw bukan orang asli Tangsel kok. Cuman enaknya kuliah di UIN Jakarta tuh, gw tetep bisa ikut audisi GBN tingkat Tangsel meskipun gw gak punya KTP tangsel, jadi ibarat nya tiket gw buat ikut audisi di Tangsel cukup KTM UIN aja. Sedangkan gw sendiri domisili di Jakarta. Soo... Gw sebenernya masih punya kesempatan buat ikut audisi GBN tingkat Jakarta. Dan emang sebenernya salah satu rencana gw untuk mewujudkan mimpi gw di GBN adalah dengan ikut audisi di tingkat DKI dan juga Banten. Jadi meskipun kesempatan untuk lolos di Banten sudah tertutup, gw masih punya satu kesempatan lagi yaitu di DKI Jakarta. And this is the last chance I have to achieve my dream. Ini bener2 pintu terakhir yang gw punya dan sekarang gw memasrahkan semuanya kepada Allah SWT. Kalo emang Allah mengizinkan, insya Allah gw pasti bisa untuk ikut ke GBN nasional. Bismillahirrahmanirrahim...

Lagi-lagi... Perjuangan gw untuk ikut audisi GBN nggak selalu mulus. Entah kenapa, sekitar sepuluh hari sebelum pelaksanaan audisi, gw terserang penyakit batuk. Batuk. Iya sih kedengerannya emang sepele. Tapi, intensitas batuk gw makin parah menjelang hari audisi. Dan tau kan batuk kalo lagi parah gimana, jangankan untuk nyanyi, untuk ngomong aja rasanya udah susah banget. Baru sepatah dua patah kata, udah kepotong batuk. Apalagi kalo buat nyanyi. Pokoknya selama periode batuk itu, gw bener-bener nggak bisa nyanyi sama sekali. Dan gw takut, kalo sampe hari H audisi, batuk gw masih belum reda juga. Sampai pada suatu ketika, sekitar H-3 sebelum audisi, gw hampir memutuskan buat mundur dari audisi GBN. Tapi entah kenapa, ada sebagian dari diri gw, yang bilang kalo gw harus tetep ikut audisi. Gw harus tetep pergi ke tempat audisi, setidaknya kalo sampe detik2 akhir menjelang gw naik panggung masih nggak memungkinkan juga buat nyanyi, di situ mungkin gw bisa bener2 mundur. Dari pada malu2in yekan? Masa lagi nyanyi di atas panggung terus batuk... :p

Gw juga sempet cerita ke salah satu temen gw yg juga mau ikut audisi di DKI, sebut saja Alpin, saat itu kita mau ke rumah sakit buat bikin surat keterangan sehat. Gw bilang ke dia, kalo mungkin gw nggak bisa ikut audisi karena gw lagi batuk. Tapi gw bakal tetep dateng ke tempat audisi. Dan si Alpin malah nyemangatin gw, dia bilang kalo mungkin aja ada keajaiban, mungkin aja nanti pas audisi gw malah nggak batuk sama sekali. Mungkin aja malah gw bisa lolos audisi. Yaa gue sih meng-Aamiin-i aja perkataan dia karena kan emang nggak ada yg nggak mungkin. Kalo Allah berkehendak pasti mudah aja bagiNya untuk menentukan sesuatu. Sebenernya saat itu si Alpin juga lagi batuk, meskipun nggak separah gw, jadilah kita ke rumah sakit sambil batuk2. Bikin surat keterangan sehat padahal lagi kurang sehat. :p

Dengan kondisi yang seperti itu, gw mulai menjaga pola makan. Gw mengurangi makan-makanan berminyak dan mengurangi minum es. Tiap hari gw cuman makan bubur ayam. Bener2 cuman bubur, ayam, sama kecap. Dan itu nggak enak. :( Sampe-sampe temen2 PSM pada bingung gw siang2 kok makan bubur. Yaa gw bilang aja biar cepet sembuh. Obat dari dokter juga rutin gw minum. Sampe2 kalo gw bosen makan bubur ayam, gw ganti ke bubur kacang ijo. Untungnya, deket kampus ada tukang bubur kacang ijo yang menurut gw enak banget, murah dan ngenyangin. Lumayan lahh pertama kali makan di sana rasanya bahagia banget karena akhirnya ada kelezatan lain yg masuk ke mulut gw. *_*

Sampai dengan hari H audisi, saat itu terjadwal tgl 10 Juni 2015, gw merasa penyakit batuk gw belum mereda, malah gw merasa pekan itu adalah kondisi di mana batuk gw lagi parah-parahnya. Karena beberapa temen ada yang lagi UAS, termasuk gw juga lagi UAS sebenernya, gw menelepon pihak Budpar DKI buat minta izin kalo mungkin anak2 UIN agak telat nyampe lokasi audisi. Tapi ternyata, dapet info kalo audisinya diundur jadi tgl 11, yaitu keesokan harinya. Gw pun agak lega sebenernya, tapi bingung juga karena gw dan temen2 lagi padat2 nya UAS, berarti harus re-arrange jadwal lagi buat uas besok. Untungnya gw sempet telepon pihak Budpar nya. Coba kalo gw tiba2 dateng gitu aja ke lokasi, tapi ternyata audisi nggak jadi hari itu, kan lucu. Dan gw pun sedikit bertanya, Ya Allah kenapa yaa kok audisi nya diundur. Apa jangan2 ini pertanda kalo akan ada sesuatu yg istimewa besok. Gw sih berharapnya gitu. Karena mungkin hari ini kondisi gw bener2 nggak siap buat audisi.

Keesokan harinya... Kamis, 11 Juni 2015, sebenernya batuk gw juga nggak jauh beda sama yg kemarin, seperti biasa gw cuman sarapan bubur, dan bergegas ke kampus buat UAS psikologi perkembangan. Kita janjian buat ngumpul jam setengah 11, tapi gw baru mulai UAS jam 10. Jadilah saat itu gw ngerjain UAS nya ngebut secepat kilat. Gw inget banget waktu itu gw ngerjain soal paling cepet, cuman 18 menit. Itu kayaknya sejarah gw ngerjain soal UAS tercepat deh. Gw yakin banget itu 18 menit karena dari awal mulai UAS sampe selesai, mata gw nggak bisa berhenti ngelirik jam. Mudah2an aja hasil UAS nya bagus yaa... Hehehe...

Sesudah UAS gw langsung menuju ke lokasi janjian yg udah disepakati. Di sana kita ngumpul berlima, ada Gue, Alpin, Sabrin, Gio sama Andante. Gw naik motor sama Sabrin, Gio dibonceng sama Andante, sedangkan si Alpin naik motor sendiri. Ada kejadian yang lucu siang itu, si Gio kan nggak bawa helm, akhirnya dia minjem helm di motor sebelah (ngerti lah yaa maksudnya). Hayoo lohh gw bongkar di sini, kalo orang yang punya helm baca tulisan ini, gw gak tanggung jawab yaa. Wkwkwk... Kami pun akhirnya berangkat ke lokasi audisi yang letaknya di Balai Kesenian Jakarta, di daerah Tebet pokoknya.

Selama di perjalanan, sebenernya biasa2 aja sih, gw humming sepanjang perjalanan, karena belum vokalisi juga, dan nanti di sana belum tentu bisa vokalisi. Tapi ketika udah memasuki daerah Cawang, tiba2 motor gw mogok. Motor gw emang biasa mogok sih, tapi kenapa harus sekarang, itu moment nya lagi nggak pas banget. Untungnya motor gw mogok pas udah di perkampungan gitu, bukan pas di jalam raya yg gede2 itu. Yaa Allah ini kenapa kok ada aja sih hambatannya kalo mau audisi GBN. Gw pun berpikir positif aja, kalo ada ceritanya (maksudnya di sini banyak halangan dan rintangan), biasanya happy ending, SEMOGA. Akhirnya motor gw di-stut sama Alpin sampe lokasi audisi. Untungnya, tempat motor gw mogok udah nggak terlalu jauh dari tempat audisi. Tadinya gw pikir masih jauh, karena gw gak tau daerah situ.

Gw sama temen2 buru2 ke lokasi audisi karena udah siang. Gw segera registrasi. Sabrin dapet no urut 38, Gio 39, Gue no 40, dan Alpin no 41. Andante...? Dia malah mundur nggak mau ikut registrasi. Agak kesel sihh udah dateng jauh2 kan. Padahal tadi paginya dia abis dari rumah sakit bikin surat keterangan sehat buat ngelengkapin dokumen audisi. Ya Allah sayang2 banget. Akhirnya dia memutuskan untuk jadi manajer kita berempat. Manajer ala2 gitu lahh pokoknya. B-)

Oh iya, sebenernya sakit batuk gw juga masih belum reda. Berkali-kali gw coba buat nyanyi, nggak pernah berhasil buat nyanyi satu lagu full tanpa batuk. Sampe gw beneran mikir buat mundur kayak rencana gw di awal. Tapi kalo gw kan mundur nya dengan alasan yg jelas yaa. Daripada gw nyanyi terus terbatuk-batuk dan malu-maluin, kesannya kayak maksain banget gitu. Tapi tetep aja, ada sebagian dari diri gue yang maksa gw tetep maju. Kayak ada dorongan yang bikin gw yakin kalo gw bisa. Tapi gimana kondisi gue lagi kayak gini. Jangankan bisa bernyanyi dengan bagus dan indah. Bisa nyanyi satu lagu tanpa batuk aja, itu udah Alhamdulillah banget. Gw dilemma di situ.

Tiba2 gw inget sama kata2 Alpin, kalo emang Allah berkehendak pasti nggak ada yg nggak mungkin. Dan gw berusaha percaya itu, berharap ada keajaiban Tuhan yg dateng ke gw. Dan tiba2 gw teringat sama salah satu ucapan temen gue yang bernama Andre. Dia pernah nyuruh gw melakukan Law of Attraction (LoA). Entah nama makanan apa itu, intinya LoA itu kayak semacam dorongan energi yang bisa kita bentuk untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan. Yaa mungkin itu definisinya. CMIIW yaa... :p Menurut Andre, takdir itu bukan dicapai, tapi dibuat. Akhirnya gw memutuskan untuk melakukan self hypnosis.

Gw duduk di luar ruangan. Berusaha mencari posisi se-rileks mungkin. Duduk sendirian menutup mata. Mungkin orang yang ngeliat gue bakal aneh sama apa yang gw lakukan saat itu, tapi biarlah gw berusah mengabaikan orang2. Sebenernya itu cuman sok tau gw aja ngelakuin self hypnosis. Gw sebenernya gak pernah ngelakuin gitu2an. Malah cenderung nggak percaya sama gituan. Tapi karena kondisi gw terdesak, akhirnya gw paksa diri gw buat percaya dan sok2an melakukan self hynosis. Meskipun mungkin aja yang gw lakuin saat itu bukan self hypnosis. Gw berusaha mensugesti diri gw buat percaya. Percaya aja dulu. Gw yakinin ke diri gw kalo gw bisa bernyanyi dengan baik dan indah di atas panggung nanti, nggak akan terganggu sama batuk. Gw bikin diri gw buat percaya. Kalo sedikit ada keraguan, gw paksa terus buat percaya. Kalo gw mulai ragu lagi, gw paksa lagi. Wajar sih kalo gw sedikit merasa ragu, tapi gw tekan terus keraguan itu ke alam bawah sadar gw. Gw pun mulai mensugesti diri gw terus menerus. Gw memvisualisasikan kalo nama gw dipanggil dan gw mulai berjalan ke arah panggung. Gw bayangkan kalo gue mulai menaiki panggung, diawali dengan langkah kaki kanan sambil mengucap bismillah. Gw rasakan kalo itu bener2 terjadi. Gw bahkan bisa merasakan langkah kaki gw di atas panggung. Berdiri di tengah2 panggung. Menatap penonton dan dewan juri, dan mulai bernyanyi dengan baik dan indah dengan lancar dan mulus. Gw bener2 bisa merasakan suasana itu. Padahal sebelumnya setiap kali gw di-hypnosis, gw gak pernah bisa sampai senyata itu. Terakhir, gw berusaha membentuk takdir gw. Kalo hari ini gw bakal lolos audisi GBN dan bisa bernyanyi di upacara HUT RI sesuai dengan mimpi gw selama ini. Gw berusaha bentuk paradigma itu. Kalo hari ini gw akan menang. Gw ucapkan berkali-kali. Sampai tertancap di kepala gw. Sampe gw rasa semua sudah cukup. Gw pun membuka mata, menarik nafas panjang, dan kembali ke ruang audisi...

Di ruang audisi. Urutan gw tampil udah tinggal beberapa nomor lagi. Sebelum gw ada Sabrin (38), dia tampil dengan baik, indah dan cantik. Keren banget lahh pokoknya. Suaranya bagus kayak malaikat (jiahhh... :p), reading partiturnya juga lancar. Gw sih optimis dia bakalan lolos. Selanjutnya ada Gio (39), dia juga tampil bagus, suara sopran nya udah cukup kebentuk. Tapi sayang reading partiturnya kurang lancar. Wajar sih dia kan belum ada setahun berkecimpung di dunia paduan suara. Menurut gw, untuk ukuran orang yang baru belajar beberapa bulan, itu udah bagus banget kok. Gw pun dulu belom bisa sebagus itu. Setelah Gio tampil, selanjutnya giliran no urut 40, itu artinya sekarang giliran gw.

Gue menghela nafas panjang. Gw berjalan perlahan menuju panggung. Melakukan hal yang sama kayak yang udah gw rancang waktu self-hypnosis tadi. Naik panggung dengan langkah kaki kanan terlebih dahulu sambil mengucap bismillah. Berdiri di tengah2 panggung menatap penonton dan dewan juri. Melihat temen2 gw di kursi belakang ruang audisi. Nggak lupa gw ngasih tau nada dasar ke pianis. Alunan piano pun mulai dilantunkan. It show time... Gw pasrahkan semua yang terjadi di atas panggung hari itu. Gw memilih lagu Hymne Kemerdekaan. Dan kayaknya cuman gw deh yang menyanyikan lagu itu pas audisi kemarin. Ternyata keajaiban itu bener2 terjadi di atas panggung. Gw yang dari beberapa hari yang lalu sampai beberapa saat menjelang audisi nggak pernah bisa nyanyi satu lagu full karena batuk, saat itu bisa bernyanyi dengan lancar. Yaa... Bernyanyi dengan lancar. Sungguh suatu keajaiban yang bener2 nyata gue rasakan. Untuk masalah bagus enggaknya suara gue, atau indah nggak nya suara gw, itu ukuran yang relatif menurut gw. Intinya, gw udah puas banget bisa nyanyi lancar dari awal sampai akhir. Bener2 suatu keajaiban yang gw sendiri nggak pernah bosan untuk mengatakannya berulang kali. Setelah selesai menyanyikan satu buah lagu, gw diminta untuk membaca sebuah partitur. Awalnya gw lancar2 aja baca partitur itu, tapi tiba2 di bar akhir ada yg zonk, tiba2 ada nada miringnya dan kayaknya nada sol yg terakhir gw agak naik setengah gitu. -__-" tapi nggak apa2 deh mudah2an masih bisa dimaklumi. Huhuhu. Sesudah itu gw cek range vokal ke atas dan kebawah. Nada bawah gue sampe D2 dan nada atas gw cuman sampe D4. Sebenernya gw pernah sih bisa sampe C#2 dan sampe E4, tapi mungkin kemarin lagi kuramg sehat kali yah. Hehehe. Sesudah cek range vokal, gw dipersilahkan untuk turun panggung dan diteruskan oleh peserta selanjutnya. And you know what? Pas gw balik ke tempat duduk, batuk gw kumat lagi... :p

Oh iya. No urut sesudah gw seharusnya si Alpin (41), tapi dia malah mengundurkan diri. Kesel banget sebenernya dia mengundurkan diri. Padahal udah gw bilang suruh ikut aja nggak usah takut. Sekalian buat pembelajaran juga. Eh malah dia maunya mundur. Yaudahlah mau dipaksa kayak gimana juga gak bakalan mau tuh anak. Jadilah anak UIN yang ikut audisi cuman Gw, Sabrin sama Gio. Gw sih berharapnya kita bertiga bisa lolos. Aamiin Ya Allah...

Setelah semua peserta tampil, para juri meminta waktu berdiskusi untuk menentukan siapa peserta yang lolos. Gw dan temen2 yang lain pun memutuskan untuk shalat Ashar terlebih dahulu. Gw nggak lupa berdoa untuk diberikan yang terbaik. Nggak lupa juga gw ditemani anak2 yg lain ngecek motor gw, dan ternyata setelah digas beberapa lama. Motor gw bisa nyala lagi. Horeeee... Akhirnya kita kembali ke ruang audisi sambil ngobrol2 ngalor-ngidul nungguin jurinya dateng.

Waktu pengumuman pun tiba. Gw deg-degan banget saat itu. Di atas panggung berdiri salah seorang juri dengan selembar kertas di tangannya. Kertas itu merupakan SK yang berisi nama2 peserta yang lolos audisi. Sesuai dengan self-hypnosis yang tadi udah gw lakuin, gw berusaha meyakinkan kalo nama gw juga ada di dalam kertas itu. Gw berusaha yakin se-yakin-yakin-yakin-nya kalau nama gw ada di situ. Bukannya kePedean, tapi emang itu salah satu bentuk dari Low of Attraction di mana takdir harus gw bentuk. Juri itu mulai menyebut satu per satu nama peserta yang lolos. Dimulai dari kategori suara sopran, ternyata tahun ini ada dua orang sopran yang lolos. Sayangnya bukan nama Sabrin atau Gio yang disebut. :( Gw masih terus mendengarkan juri menyebutkan nama pememang. Harap-harap cemas. Jantung gw berdegup semakin kencang. Pokoknya deg-degan banget. Gw sendiri nggak bisa menggambarkan betapa deg-degan nya gw saat itu. Pliiss ada nama gw, pliiiiss... Ini kesempatan terakhir gw, tahun besok belpm tentu bisa ikut lagi. Pliiis ada nama gw... (maksa banget yaa :p). Dan akhirnya... SEPTIAN DWI CAHYO... Kategori Suara Bass Gita Bahana Nusantara Provinsi DKI Jakarta tahun 2015...

Speechless...

Udah nggak tau harus ngomong apa lagi. Terharu pasti. Seneng banget. Bahagia. Undescribeable. Pokoknya bahagia banget nggak bisa diungkapkan sama kata2 deh. Akhirnya kesampean juga. Setelah nunda satu tahun. Meskipun banyak banget halangan dan rintangan. Ada aja kendala nya. Ternyata akhirnya happy ending. Bener2 keajaiban. Nggak bosen berkali-kali bilang kalo ini keajaiban. Terima kasih Ya Allah udah ngasih kesempatan yang sebesar ini. Setelah lima tahun berturut-turut cuman bisa nonton anak2 GBN nyanyi di TV sambil berkaca-kaca pengen ikutan. Tahun ini, tercapai juga impian itu. Gw emang bener2 pengen banget jadi anggota GBN Nasional, dan ketika bener2 tercapai rasanya tuh beneran kayak mimpi. Alhamdulillahirabbil'alamin... Terima kasih banyak Yaa Allah... Terima kasih... :')

Akhir cerita, setiap kali kamu punya mimpi, jangan pernah berhenti buat percaya sama mimpi itu. Mungkin tangan kita memang terlalu kecil untuk menggapai mimpi2 itu, tapi selalu ada tangan Allah yang Maha Besar. Tugas kita manusia hanyalah selalu berdoa, berusaha, dan PERCAYA...

Salam dari manusia kecil yang sederhana...
-Septian Dwi Cahyo-

***

Nb: Kalau ada yang pengen baca perjuangan gw waktu audisi GBN tahun 2014, bisa baca di sini yaa... Tingkat Kota Tangsel & Tingkat Provinsi Banten. Selamat membaca... Semoga bisa menginspirasi teman2 semua untuk meraih mimpi masing2... :)

5 komentar:

nurul.kusumawardani mengatakan...

Congratulation ya kak! You really deserve it! Waktu 1 tahun itu lama ya kak? Aku malah sempet ngerasa waktu 1 tahun itu sebentar banget kak. Rasanya banyak banget yg harus aku kuasai. Apalagi pas abis ngeliat sopran2 gbn di youtube kak. Sumpah cetar membahana banget deh. Kak sabrin yg suaranya kayak malaikat aja ga lolos :'( Gimana aku yg hanya butiran debu. Pokoknya udah pesimis banget. Tapi cerita kakak ini berhasil membangkitkan semangatku kembali. Kakak berhasil memanfaatkan waktu setahun itu sampe bisa sehebat sekarang. Aku bersyukur juga bisa jadi anggota PSM UIN Jakarta. Di sini kita bisa belajar banyak hal :) Dan aku salut sama perjuangan kakak makan bubur doang supaya batuknya sembuh dan yang paling penting ya tetap mau coba audisi apapun yg terjadi. Bener ya kak takdir itu bukan dicapai, tapi dibuat (keren tuh quote nya kak sabian). Mulai dari sekarang aku akan membuat takdirku kak supaya bisa mengikuti jejak kakak. Dan aku berharap temen2 yg lain punya semangat yg sama :) Terimakasih atas inspirasi dan motivasinya kak! Keep on singing and sharing ;)

-Roro "Nafiri"

Unknown mengatakan...

Mungkin grammy gugup pas baca partitur
..😁

Denisa P. Rosandria mengatakan...

ciyee anak GBN hits~

Hann mengatakan...

Btw Banten ngga buka kuota untuk umum ya? Kalo Jateng setahuku ada untuk umum juga di samping perwakilan daerah.... Btw makasih tips LoA-nya

Muhammad Nur Ichwan mengatakan...

Terharu banget bacanya ya kak.
Salam dari aku
Bass GBN Sumatera Barat 2019 :)