Jumat, 29 Agustus 2014

Audisi Gita Bahana Nusantara Tingkat Provinsi Banten

Hallo teman-teman. Ketemu lagi dengan saya (jiiaahh saya). Hehe. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit lebih formal. Posting ini adalah lanjutan dari posting saya sebelumnya yang berjudul Pengalaman Ikut Audisi Gita Bahana Nusantara Tingkat Kota Tangerang Selatan Tahun 2014. Panjang banget yaa judulnya? Tapi untuk saat ini saya rasa nggak perlu pakai judul yang panjang karena ini merupakan posting lanjutan. Selain itu biar unik juga. Selamat membaca pengalaman saya, siapa tau tahun depan ada yang mau ikut audisi GBN. :)

Audisi berlangsung selama tiga hari, tepatnya tanggal 26-28 Juni 2014 di Hotel Bali Anyer, Banten. Wah lumayan nih, bisa sambil liburan dan refreshing fikiran dari penatnya kuliah. Hehe. Tapi harus tetap jaga suara juga biar nanti pas nyanyi bisa menampilkan yang terbaik. :)

Day I

Saat itu hari Senin. Saya bangun pagi-pagi sekali, karena saya harus berkumpul di kantor Dinas Budaya dan Pariwisata (Budpar) Tangerang Selatan terlebih dahulu. Saya tidak tahu alamat pasti kantor Budpar Tangsel, tapi saya udah dapet petunjuk jalan dari salah satu teman bernama Javert, terima kasih Javert petunjuk jalan nya berguna banget. Jalan menuju kantor Budpar cukup mudah ditempuh karena saya menggunakan kereta lokal Commuter Line.

Sekitar jam 6 pagi, saya diantar bapak saya menuju stasiun terdekat dari rumah saya, yaitu stasiun Kebayoran Lama. Sebenernya agak cemas juga sih naik KRL karena ini yang pertama kalinya. Apalagi kalo denger cerita temen-temen kampus yang tiap hari naik KRL. Katanya kalo naik KRL di pagi dan sore hari itu padat banget, sampe-sampe kesulitan buat turun dari kereta. Yah berdoa aja deh semoga selamat.

Sesampainya di stasiun saya langsung beli tiket dengan destinasi stasiun Rawa Buntu. Saya bayar tiket seharga tujuh ribu rupiah, tapi udah termasuk jaminan tiket lima ribu rupiah, nah nanti tiketnya bisa dituker lagi sama uang kita yang Rp.5rb jadi kita cuma bayar dua ribu rupiah saja. Sesudah membeli tiket, saya langsung masuk ke dalam stasiun. Dari kejauhan terlihat kereta yang saya naiki berjalan pelan menuju peron tempat saya berdiri. Wah pas banget nih keretanya dateng. Jadi nggak perlu nunggu lama. Langsung saja saya naik ke dalam kereta. Ternyata kereta pagi menuju Serpong/Parung Panjang/Maja itu sepi teman-teman. Jadi yang padat itu kereta yang ke arah sebaliknya yaitu ke Tanah Abang. Seneng banget pertama kali naik KRL nggak dapet zonk, jadi nggak kapok naik KRL. Udah gitu gerbongnya sepi banget. Mau tiduran juga bisa. Rasanya pengen tidur lagi gara-gara semalem kurang tidur. Hehehe.

Sesampainya di stasiun Rawa Buntu, saya langsung menuju jalan raya dan mencari angkot yang menuju ke kantor Budpar. Angkotnya warna biru, dan kebetulan pas saya mau naik supirnya udah mau jalan. Jadi nggak usah nunggu lagi deh. Tumben banget nih perjalanan hari ini lancar jaya. Biasanya kalau saya melakukan suatu perjalanan seringnya dapet yang sial, misalnya macet, padat dsb.

Akhirnyaa saya berhasil sampai di kantor Budpar dengan selamat. Waktu menunjukkan pukul 8. Ternyata saya peserta pertama yang nyampe Budpar. Sementara tiga peserta lain entah di mana. Kayaknya kepagian nih berangkatnya. Ya udah lah akhirnya kebagian jatah menunggu juga nih. Saya pun ngobrol-ngobrol ringan sama mbak-mbak Budpar yang nanti nganter kita ke lokasi audisi. Setelah menunggu cukup lama (sebenernya lama banget sih, tau gitu mendingan nggak usah berangkat pagi), satu per satu peserta mulai datang. Mereka adalah Landu, Ka Gisti dan Ka Redi (nama disamarkan). Mereka adalah peserta yang sudah terpilih di audisi tingkat kota Tangsel. Dan kebetulan mereka satu kampus dengan saya, bahkan satu organisasi. Jadi nggak perlu kenalan lagi karena emang udah kenal.

Kami pun berangkat menuju ke lokasi audisi. Selama perjalanan, kami belajar solfegio/membaca notasi supaya lebih lancar pas audisi. Untung Ka Redi bawa buku kumpulan lagu-lagu wajib, jadi bisa buat latihan selama di perjalan. Perjalanan menuju Anyer ternyata cukup jauh, saya sempat bosen di mobil, untung jalanan saat itu nggak terlalu macet. Kami sampai di Hotel Bali Anyer sekitar jam 2 siang, setelah sebelumnya mampir dulu di tempat makan buat makan siang dan shalat Dzuhur.

Sampe di hotel kami langsung check in, naro barang-barang  di kamar dan langsung disuruh buat ikut acara pembukaan di Aula. Acara pembukaannya sama kayak acara pada umumnya. Peserta registrasi dan ngambil nomer urut buat tampil. Dengerin sambutan-sambutan, tepuk tangan, selesai deh acara pembukaannya. Sehabis pembukaan, kami kembali ke cottage dan beres-beres singkat. Terus istirahat sebentar nunggu Maghrib. Sesudah shalat Maghrib, kami makan malam kemudian masuk ke acara selanjutnya.

Acara pertama adalah semacam short course gitu. Jadi kita ngumpul di Aula bersama peserta dari Kabupaten/Kota lain. Terus ada mentor yang ngasih informasi buat audisi nanti, ngasih tips-tips menghadapi audisi, dan ngajarin cara baca not balok. Menurut saya, seluruh peserta yang ada di situ udah pada ngerti dasar-dasar membaca partitur. Karena mereka cepat tanggap banget saat mentornya ngasih materi. Lagipula kalau emang nggak ngerti sama sekali, pasti bakal susah banget buat mengerti dalam satu malam yang sesingkat itu.

Acara malam itu pun selesai. Kami kembali ke kamar masing-masing dan mempersiapkan diri untuk audisi besok. Malam itu saya dan teman-teman mengadakan audisi singkat. Jadi semacam audisi percobaan gitu, yang menilai ya teman-teman juga. Kami ingat kata-kata mentor pas short course tadi. Pilihlah lagu yang paling kita kuasai, lagu yang bisa mendukung suara kita. Saya sendiri awalnya memilih lagu Sepasang Mata Bola ciptaan Ismail Marzuki. Namun karena saya kurang menguasai lagu tersebut saya memutuskan untuk mengganti lagu. Setelah melakukan audisi singkat, akhirnya saya menemukan lagu yang paling cocok untuk saya yaitu lagu Hari Merdeka. Ka Gisti juga ganti lagu dari Sepasang Mata Bola jadi Hari Merdeka. Sementara Landu dan Ka Redi masih sama dengan pilihan awal mereka yaitu Mengheningkan Cipta dan Rayuan Pulau Kelapa.

Waktu semakin malam. Kami pun memutuskan untuk beristirahat supaya suara kami tetap terjaga. Cottage kami terdiri dari dua kamar. Kami masuk ke kamar masing-masing. Cuci kaki, cuci tangan, berdoa, tarik selimut, tiduuur... Mudah-mudahan audisi besok berjalan lancar dan diberikan hasil yang maksimal. Aamiin...

Day II

Pukul 05.00 pagi, alarm saya berbunyi. Saya pun segera membangunkan ka Redi, lalu membangunkan para cewek di kamar sebelah. Saya segera berwudhu dan melaksanakan shalat Subuh. Sesudah itu saya duduk ngelamun di depan cottage menunggu yang lain beres-beres. Saya hanya ditemani suara gemuruh ombak karena lokasi saya hanya sekitar 50 meter dari pantai. Setelah semuanya berkumpul, kami langsung menuju ke pantai. Kami berniat untuk berolahraga dan melakukan vokalisi (pemanasan suara) supaya audisi hari ini suara kami udah panas dan bukan suara pagi. Suara pagi itu suara bangun tidur, berat, pokoknya kurang enak buat nyanyi.

Olahraga dimulai dengan lari pagi. Kami berlari bolak-balik di atas pasir kuning yang sesekali terkena siraman air laut. Matahari belum kelihatan, tapi awan sudah berwarna jingga. Setelah beberapa putaran kami berlari akhirnya kami kecapean dan memutuskan untuk berhenti berlari. Kami menunggu Ka Guilas (pelatih kami) untuk memimpin vokalisi. Sambil menunggu beliau datang, kami foto-foto selfie di pinggir laut. Tiba-tiba ombak besar datang dan kita semua berlari menghindari air. Sialnya, hape ka Gisti terjatuh dan tidak bisa menyala lagi. Yah semangat ya Ka Gisti. . .

Setelah beberapa lama, akhirnya ka Guilas datang dan kami pun memulai vokalisi. Vokalisi diawali dengan humming (bergumam) selama beberapa menit. Setelah itu dilanjutkan dengan melatih power diafragma dan seterusnya. Dari kejauhan kami melihat tim dari Kabupaten/Kota lain juga sedang melakukan vokalisi bersama pelatihnya.

Sesudah vokalisi, kami kembali ke cottage untuk membersihkan diri. Kemudian kami sarapan di dekat kolam renang. Sarapan pagi itu ada banyak sekali pilihan makanan yang disajikan. Ada buah, nasi goreng & lauk pauk, roti panggang, roti biasa, sereal, jus jeruk & jambu, kopi dan teh. Kita tinggal pilih mau sarapan pakai apa. Dan kita menyantap semua hidangan yang disajikan, nanti kalo nggak habis tinggal dikasih Ka Gisti. Untung ada Ka Gisti, kalau ada dia, makan jadi tenang :p

Tibalah kita pada acara inti yaitu Audisi Gita Bahana Nusantara. Tapi sebelum audisi dimulai, para peserta harus menghadapi tes terlebih dahulu. Tes berupa pengetahuan umum tentang kebangsaan dan provinsi banten. Saya tidak tahu seberapa besar persentase hasil tes terhadap hasil audisi, tapi tes ini bermanfaat buat para peserta agar lebih mengenal kebudayaan Indonesia pada umumnya, dan Banten pada khususnya (karena saya ikut audisi tingkat Banten, jadi yang dites pengetahuan umum tentang Banten).

Audisi pun dimulai, saya kebagian nomor urut 15. Nggak terlalu awal dan nggak terlalu akhir karena seluruh peserta ada 32 orang. Saya memperhatikan peserta lain yang maju. Suara mereka bagus-bagus bangeeet kayak suara dari surga (hehehe). Tapi saya nggak boleh minder. Saya harus menunjukkan yang terbaik. Jika memang rezeki, saya pasti menang. Tapi jika memang belum rezeki, mungkin Tuhan punya rencana lain. Yang harus saya lakukan hanyalah berusaha semaksimal mungkin, dan berdoa tentunya.

Tibalah giliran saya yang maju ke depan. Saya minta kepada pianis untuk memainkan lagu Hari Merdeka dengan nada dasar "b". Saya pun menyanyikan lagu tersebut. Sebenarnya penampilan saya kurang mulus saat itu, karena saya merasa nada dasar yang saya ambil terlalu rendah sehingga kesulitan untuk menambah power suara saya. Selain itu ada bagian dari lagu itu yang saya salah menyanyikannya. Ya sudahlah, yang penting saya sudah berusaha. -__-

Sesudah selesai bernyanyi, para juri meminta saya untuk membaca partitur yang sudah disediakan. Jadi di hadapan saya ada sebuah buku berisi partitur yang telah diberi nomor. Berbeda dengan audisi tingkat kota di mana saya harus membaca partitur not angka dan not balok secara terpisah, pada audisi kali ini, partitur yang disediakan adalah partitur not balok yang di atasnya juga terdapat salinan not angkanya. Jadi buat teman-teman yang belum terlalu lancar membaca perpindahan tangga nada pada not balok tidak perlu khawatir, karena teman-teman bisa membaca not angkanya. Saya sendiri membaca partitur not angka, karena lebih mudah. Hehe. Saya membaca dengan agak lancar. Tetapi saya membaca partitur dua kali karena salah satu juri ada yang masih penasaran dengan kemampuan reading saya. Saya pun diberi kesempatan membaca partitur dengan nomor yang berbeda. Alhamdulillah, pada kesempatan yang kedua saya membaca lebih baik daripada yang pertama tadi. Kebetulan partitur yg harus saya baca sudah sering saya temukan waktu latihan reading bareng Ka Redi dan teman-teman. :)

Seluruh peserta telah tampil menunjukkan kemampuan bernyanyi dan membaca partitur. Sebagian dari mereka ada yang masih kesulitan dalam membaca partitur. Tetapi suara mereka indah sekali. Saya sampai merinding mendengar suara mereka yang seperti suara malaikat itu. Padahal mereka ada yang masih duduk di bangku SMA, tapi suaranya udah bagus banget. Mungkin itu memang udah anugerah dari yang Maha Kuasa. Setiap manusia kan pasti punya kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Audisi pun selesai dilaksanakan. Para juri mengumumkan bahwa hasil audisi akan dibacakan esok hari. Jadi para peserta sekarang boleh beristirahat sampai besok untuk menunggu hasil audisi. Kami pun kembali ke cottage untuk bersenang-senang, karena sudah tidak perlu menjaga suara lagi, jadi bebas mau makan atau minum apapun. Mau teriak-teriak juga boleh (kalau nggak malu). :D

Malam harinya, sesudah makan malam, kami berempat ditambah Mas Ucup (pembimbing kami dari kantor Budar) berkumpul di kamar cowok buat bermain. Ada percapakap yang lucu antara gue dan Ka Gisti malam itu.
Ka Gisti : Pintunya jangan ditutup ya nanti jadi fitnah
Gue       : Ya ampun kaa. Ini kan di hotel. Mana ada fitnah.
Ka Gisti : Owh iya juga ya...
Memang sedikit absurd sih. Tapi itu hanya obrolan konyol kami saja. Kami pun memutuskan untuk menutup pintu kamar karena kalau pintunya dibuka, AC nya nggak terasa dingin. Kami pun duduk melingkar di atas ranjang.

Kami memberi nama permainan ini dengan sebutan "kotak pos". Jadi kita duduk melingkar dan harus menyebutkan nama dari sebuah kategori yang ditentukan searah jarum jam. Misalnya kategori hewan, setiap pemain harus menyebutkan nama hewan sesuai gilirannya dengan cepat dan tidak boleh diulang. Kalau peserta berfikir lambat, menyebutkan nama hewan yang sudah diucapkan oleh pemain lainnya, maka peserta harus dihukum. Permainan ini kelihatannya memang gampang. Namun sebenernya membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Meskipun kategori yang ditentukan mudah, misalnya nama hewan, buah, negara dsb. Tetap saja susah kalau kita berfikir sambil panik dan terburu-buru. Buktinya, saat kami bermain, seringkali ada yang kalah padahal permainan belum sampai satu putaran.

Saat kami bermain malam itu, yang kalah dapat hukuman. Yaitu mencolek saus dan bubuk kopi kemudian memakannya. Rasanya sangat tidak enak. Tapi permainan ini seru banget. Tawa kami pecah malam itu. Kami bermain hingga kelelahan. Setelah merasa capek, kami pun memutuskan untuk tidur.

Besok adalah hari penentuan. Pengumuman Audisi Gita Bahana Nusantara akan dibacakan. Besok harusnya akan jadi langkah terakhir saya buat bisa nyanyi di Istana Negara pada saat upacara hari kemerdekaan (kalau saya menang). Tapi kalau Tuhan belum mengizinkan saya menang, saya harus berjuang lagi tahun depan. Saya pun berdoa, semoga diberikan hasil yang terbaik. Jika memang terpilih saya akan bersyukur sekali. Jika tidak, saya berharap diberi kemudahan untuk ikut GBN lagi tahun depan. Karena ikut GBN adalah impian saya dan saya akan berusaha untuk menggapainya.

Day III

Kami duduk di aula sambil mendengarkan juri mengucapkan kata-kata penutup. Para juri mengatakan bahwa semua yang ada di ruangan itu adalah orang-orang terbaik dari Kabupaten/Kota masing-masing. Baik yang menang atau pun tidak, semua adalah yang terbaik. Para juri berpesan kepada seluruh peserta untuk terus belajar dan mengembangkan bakatnya. Saya pun sependapat dengan juri tersebut, karena memang semua yang ada di sana adalah orang-orang terbaik.

Tibalah saat yang paling ditunggu-tunggu. Saat-saat paling mendebarkan bagi seluruh peserta audisi. Salah seorang juri mulai membacakan surat keputusan. Saya dan ketiga teman saya bergandengan dengan erat, berharap hasil baik menghampiri kami. Hasil audisi pun dibacakan. Dimulai dari kategori suara sopran, ternyata bukan Ka Gisti yang terpilih. Kategori suara alto, bukan Landu. Kategori suara tenor, lagi-lagi, bukan Ka Redi. Dan yang terakhir, kategori suara bass, saya sempat menahan nafas sejenak selagi juri mengumumkan, ternyata juga bukan saya. Kami pun hanya tersenyum. :)

Mengikuti audisi Gita Bahana Nusantara adalah pengalaman yang sangat berkesan buat saya dan teman-teman. Kami dapat banyak pelajaran di sini. Saya pun menerima kekalahan saya dengan ikhlas, karena juri pasti punya pertimbangan tersendiri. Dan kami mengakui bahwa para peserta yang terpilih, mereka memang lebih baik dari kami. Tugas kami adalah terus belajar dan meningkatkan kemampuan kami agar bisa lebih baik lagi. Sebenarnya kami belum gagal, kami hanya perlu belajar.

Saya, Landu dan Ka Gisti berniat untuk ikut audisi lagi tahun depan. Sementara Ka Redi, sepertinya harus berhenti sampai di sini, karena limit umurnya yang sudah melebihi peraturan GBN. Lagipula tahun ini dia akan mengakhiri status mahasiswanya. Dia hanya berpesan kepada kami bertiga supaya tahun depan harus ada yang lolos. Kami pun mohon doa restu dari yang paling tua supaya mendapat keberhasilan. :p

Sesudah makan siang, kami bersiap-siap untuk kembali ke rumah masing-masing. Kami dijemput oleh mobil dinas dari kantor Budpar Tangsel. Sepertinya saya nggak perlu menceritakan perjalan pulang saya karena akan sangat panjang sekalit. Terima kasih Ya Allah, atas pengalaman yang indah ini. Terima kasih juga buat teman-teman yang sudah menyempatkan diri buat membaca tulisan ini. Jika salah satu dari kalian ada yang punya mimpi ikut GBN, semoga kalian bisa mencapai mimpi itu segera. Akhir kata, saya berharap tahun depan bisa terpilih untuk bernyanyi di istana negara. Sampai bertemu tahun depan, kalian orang-orang hebat. Semoga Allah segera mempertemukan kita. . . :)

***

Nb: Satu tahun kemudian, saya kembali mengikuti audisi GBN, teman-teman bisa membaca perjuangan saya di sini: Audisi Gita Bahana Nusantara 2015