Sabtu, 23 Agustus 2014

Pengalaman Ikut Audisi Gita Bahana Nusantara Tingkat Kota Tangerang Selatan Tahun 2014

          Hallo... Judulnya kepanjangan ya? Nggak apa-apa deh biar gampang ketemu di search engine. hehe... Jadi gini, pada suatu ketika sekitar bulan Mei, waktu gue selesai latihan buat konser, salah satu kaka PSM (sebut saja Parda) memberitahukan kalo Dinas Budaya & Pariwisata Tangerang Selatan mengadakan audisi paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN). Gue pun senang sekali karena gue kira GBN itu cuman buat anak-anak SMA, ternyata yang udah kuliah pun masih bisa ikut GBN. Asiik... Berarti gue masih punya kesempatan buat ikut GBN. Oh iya sebelumnya minta maaf yaa kalo tulisan ini lebih ke curhat pengalaman, daripada ngasih informasi. Soalnya ini emang pengalaman yang berkesan banget buat gue. Hehe...

          Ngomong-ngomong soal GBN, sebenernya apa sih GBN itu?
Gue jelasin pake bahasa sendiri aja yaa... (kalo salah ada yang keliru maklumin aja yaa, hehe). Jadi Gita Bahana Nusantara adalah sebuah paduan suara yang direkrut oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. GBN ini dibentuk oleh Dinas Budaya dan Pariwisata. Selanjutnya, orang-orang yang sudah terpilih di tingkat provinsi akan dikirim ke tingkat nasional untuk bernyanyi pada upacara kemerdekaan Republik Indonesia. You see, Bro? Nyanyi di upacara kemerdekaan, siapa yang nggak bangga coba. Jadi, itulah deskripsi singkat tentang GBN yang bisa gue jelaskan ke teman-teman semua.

          Nah kembali ke topik utama. Jadi audisi GBN ini dilaksanakan pada hari kamis, 5 Juni 2014. Audisi dilaksanakan di Puspitek, Tangerang Selatan. Karena gue bukan anak Tangsel, gue gak tau Puspitek itu di mana. Pokoknya jauh dari kampus UIN (menurut gua).

          Ada cerita yang gak bisa gue lupain saat audisi GBN saat itu. Begini ceritanya... Karena pagi hari di waktu audisi gue harus kuliah statistik terlebih dahulu. Gue nggak bisa hadir ke tempat audisi tepat waktu. Gue kuliah dulu sampe jam sebelas siang terus janjian sama temen yang gak bisa dateng pagi buat berangkat bareng. Alhasil berangkatlah kita abis zuhur.

          Gue berangkat naik motor bareng temen gue Anfal. Ada juga Landu yang ngebonceng ka Gisti. Sebenernya kita berempat nggak ada yang tau Puspitek itu di mana. Satu-satunya temen yang bisa diandelin itu si Javert, karena rumahnya dia deket sama Puspitek. Cuman si Javert susah banget dihubungi. Kita mulai harap-harap cemas saat itu karena awan mulai mendung dan gerimis tipis mulai turun. Ka Gisti juga mendapat pesan dari Ka Parda yang sudah di lokasi dari pagi, bilang kalo registrasi terakhir cuma sampai jam 2. Kalo lewat dari itu udah nggak bisa lagi. Aduh Javert ke mana ini lama banget. Mau ujan pula. Akhirnya kita memutuskan buat berangkat aja daripada kehujanan.

         Ternyata Tuhan berkehendak lain. Baru beberapa puluh meter gue dan kawan-kawan melaju, tiba-tiba hujan turun deras sekali. Aduh gimana ini hidup, beneran ujan kan. Kami pun memutuskan untuk berteduh di salah satu toko elektronik di pasar Ciputat. Kami berharap hujan cepat reda sambil terus menghubungi letak keberadaan Javert karena cuma dia yang tau lokasi pastinya.

          Momen sinetron pertama. Akhirnya ada kabar dari Javert. Dia bilang kalo dia kehujanan dan dia lagi berteduh. Ternyata dia berteduh tepat di samping toko tempat gue berteduh. Ya ampun Javert dari tadi kita nyariin lu, dikirain jauh tau-taunya cuman terhalang tembok. Hahaha. Javert naik motor bareng Boceli. Bertambah deh massa kita.

          Momen sinetron kedua. Hujan tak kunjung reda. Boro-boro berhenti, malah makin deras ujan nya. Ka Parda terus menanyakan keberadaan kita. Dia khawatir kita gak bisa ikut audisi. Dia terus mengusahakan supaya jurinya mau ngasih tambahan waktu biar kita bisa tetap ikut audisi. Sementara gue dan teman-teman berfikir buat menerobos hujan demi ikut audisi. Gue sih ayok aja nerobos hujan. Orang gue punya jas ujan. Si landu juga punya ternyata. Cuman kasian temen-temen yang lain masa ujan-ujanan sih... Tapi ternyata Tuhan kembali berkata lain. Di sela-sela gue berpikir dalam kecemasan, mata gue tertuju pada suatu rak di toko elektronik. Gue melihat beberapa bungkus plastik. Voila!!! Ternyata itu jas ujan sekali pakai. Menggembirakan sekali nemu jas ujan di toko elektronik. Dan anehnya jumlah jas ujan itu pas sama jumlah temen gue yg gak bawa jas hujan. Alhamdulillah... Jadilah kita berangkat ke Puspitek. :)

          Jalan menuju Puspitek itu emang perlu kesabaran banget. Itu gue naek motor udah kayak di tengah laut. Banjir gilaa.. Mana ujan nya deras parah. Udah gitu tangan jaket gue muncul ke luar jas ujan. Basah dah jaket gua. :( Mau berenti sebentar buat ngebenerin tapi takut ketinggalan si Javert. Gue kaga tau jalan soalnya. Udah gitu kaga ada lampu merah pula. Lengkap lah tangan jaket gue basah sampe ke lengan.

          Selama perjalanan gue merasa hape gue bergetar terus-menerus. Gue menduga kalo itu adalah panggilan dari ka Parda. Tapi gue nggak bisa jawab telepon nya karena hape gue ada di kantong celana. Jangankan ngangkat telepon, benerin jas ujan aja gak sempet. Gue cuma bisa berdoa semoga perjalanan gue yang penuh perjuangan sore ini, membuahkan hasil yang manis. Aamiin...

          Momen sinetron ketiga. Akhirnyaaa sampe juga di Puspitek. Gila ujan nya rata banget, sampe Puspitek juga masih hujan. Gue dan teman-teman pun segera merapikan diri. Gue lihat kondisi teman-teman yang pake jas ujan sekali pakai. Ternyata kondisi mereka lebih parah dari jaket gua. Ka Gisti roknya basah, begitu pula celana Anfal, Javert dan Bocelli. Kami pun segera masuk ke ruang audisi. Terlihat muka teman-teman kami yang semula cemas menjadi lebih lega melihat kedatangan kami. Kami langsung disambut dan disuruh istirahat sejenak. Beruntung banget kita sampe, karena sebentar lagi kita mau didiskualifikasi karena juri sudah terlalu lama menunggu.

          Setelah dirasa cukup istirahatnya, sambil ngobrol sama temen-temen yang udah dateng dari pagi dan mengeringkan badan (kalo gue ngejemur jaket di bangku), salah satu panitia dari Budpar mengajak kami untuk registrasi di meja resepsionis. Peserta lain udah tampil semua, ternyata emang cuma kami berenam yang paling terakhir. Mungkin kalau bukan karena nungguin gue dan teman-teman, acaranya udah selesai sejak lama. Sinetron banget kan?

          Nah tiba saatnya buat audisi. Gue liatin peserta yang lain pake baju seragam rapi. Gue malah nyanyi pake sendal jepit. Malah si Bocelli nyanyi nggak pake alas kaki karena sepatunya basah. Menakjubkan sekali nyanyi sambil berdingin-dingin ria mengingat ruangan di sana ber-AC. :D
Jadi, audisi GBN Tangsel itu terdiri dari beberapa tahapan (tiap kota mungkin berbeda). Pertama peserta menyanyikan satu lagu. Lagunya udah tertera di formulir pendaftaran, kita tinggal pilih mau nyanyi apa. Saat itu gue pilih lagu Gugur Bunga karena cukup mendukung buat dinyanyiin sama anak Bass. Abis nyanyi, peserta dites kepekaan terhadap ritmik. Jadi nanti pianisnya memainkan sebuah nada, peserta cukup ngikutin ritmis piano tersebut dengan tepukan tangan. Prok prok prok prok prok!!

          Selanjutnya tes solfegio atau membaca partitur. Jadi di depan stand partitur tersedia beberapa lembar partitur not balok dan not angka. Pertama gue disuruh baca yang not angka. Tapi gue salah baca, gue malah baca yang not balok. Untuk jurinya memaklumi. Hehehe. Gue baca yang not balok dengan cukup lancar karena notasinya sederhana dan ketukan nya juga nggak terlalu sulit. Tapi gue agak kesulitan baca partitur not angka karena banyak nada kromatis dan banyak ketukan gantung. Sesudah itu gue dipersilahkan kembali ke tempat duduk. Gue udah berusaha semaksimal mungkin yang gue bisa. Sekarang tinggal menunggu hasilnya.

          Momen sinetron keempat. Tibalah saat yang paling mendebarkan. Pengumuman hasil audisi Gita Bahana Nusantara tingkat Kota Tangerang Selatan Tahun 2014. Harap-harap cemas nungguin pengumumannya. Gue nggak liat peserta yang lain, jadi nggak bisa memprediksi seberapa besar peluang gue menang. Gue cuma bisa berdoa semoga mimpi gue buat ikut GBN bisa terwujud. Gue pun semakin deg-deg-an ketika hasil yang pertama kali dibacain adalah kategori Bass.

          Akhirnya, setelah melewati hari yang sangat panjang dan mengharukan kayak sinetron. Setelah basah-basahan dari Ciputat sampe Puspitek. Setelah melewati banyak rintangan dan cobaan. Gue... Gue... Gue terpilih jadi juara 1 kategori suara Bass. Subhanallah, Alhamdulillah, gue seneng banget. Terima kasih Ya Allah Engkau telah mempermudah jalanku untuk hari ini. *terharu

          Berita baik lainnya adalah, empat temen gue yang ikut ujan-ujanan juga terpilih jadi juara. Javert (juara 3 bass), Anfal (juara 2 tenor), Landu (juara 1 alto), Ka Gisti (juara 1 sopran). Subhanallah, kalau tadi Kita nggak dikasih kesempatan buat sampe ke Puspitek, atau jurinya nggak sabar nunggu kita yang lama banget datengnya. Mungkin ceritanya nggak akan kayak gini. Puji syukur kepada Allah tak henti-hentinya kami lantumkan dalam hati. :)

           Oh iya sekedar informasi. Jadi gue belum bisa ikut nyanyi di istana merdeka pas upacara 17an nanti. Gue masih harus ikut audisi tingkat provinsi. Dan yang bisa melanjutkan ke tahap audisi provinsi itu cuma yang juara 1 dari masing-masing kategori suara (sopran, alto, tenor, bass). Siap berjuang lagi deh Gue. Segini dulu yaa ceritanya. Nanti gue ceritain lagi gimana serunya Audisi Gita Bahana Nusantara Tingkat Provinsi Banten Tahun 2014. Maaf ya kalau tulisannya masih kaku. Maklum udah satu tahun vakum nulis. Insya Allah mau konsisten nulis lagi. Doain aja yaa kawan...

Wassalamu'alaikum wr.wb. :)

Tidak ada komentar: