Senin, 03 September 2012

Sebuah Kisah Klasik

     Yang namanya hidup nggak bisa luput dari sebuah cerita. Bahkan ikan-ikan di laut punya cerita. Ceritanya macam-macam. Ada ikan paus yang suka bernyanyi. Ada juga lobster yang bercerita kalau dia punya nenek, dan neneknya punya nenek lagi, lalu nenek dari neneknya itu dulunya adalah seekor lobster pemberani yang pernah mengarungi seluruh samudra di lautan. Ia menjelajahi seantero dunia, dan katanya Ia juga bertarung dengan singa laut. Ya, meskipun itu hanya cerita. Entah itu mengada-ada atau apa adanya. Setidaknya lobster saja punya. Masa sih manusia nggak punya.


     Berbicara soal cerita manusia pasti nggak akan ada habisnya. Misalnya cerita tentang seorang anak sederhana yang sebut saja namanya Septian. Saat ini ia duduk di bangku SMK. Umurnya 17 jalan 18. Ia tidak pintar, tapi ia juga tidak bodoh. Ia hanya... sedikit... idiot. Tapi di dalam "ke-idiot-an-nya" ia merasa bahwa ia punya banyak warna di hidupnya. Ada warna hijau, kuning, kelabu, merah muda dan biru. Meletus balon hijau, DOR! (maaf saudara-saudara penyakit idiotnya sudah mulai kambuh).

     Udah, aah. Gue males kalau harus bermain pakai kata-kata di sepanjang postingan gue. Meskipun gue kadang puitis (baca: gombal) tapi itu juga tergantung mood kok. Nah di sini gue mau menceritakan tentang kisah klasik dalam hidup gue. Yaitu tentang hubungan gue dan sekolah gue. Yang rasanya kayak gue dan musuh gue.

     Jadi gini, tiga tahun yang lalu gue lulus SMP. Gue lulus dengan nilai terbaik di sekolah. Sebenernya sih nilai gue nggak gede-gede banget, tapi seenggaknya gue beruntung karena temen satu angkatan gue kebetulan nilai UN nya nggak ada yang lebih gede dari nilai gue. Dan ini adalah murni kebetulan. Inget! Kebetulan yah, jadi gue nggak pernah ngaku kalo gue ini sebenernya pinter. Jadi kalo ada yang salah paham, resiko ditanggung sendiri okeh...

    Nah, dengan nilai UN yang nggak terlalu besar itu, sebenernya gue masih bisa diterima di SMA impian gue. Gue orangnya nggak muluk-muluk kok. Sekolah impian gue sebut aja SMA Negeri 90 Jakarta. Dengan NEM pas-pasan itu, gue masih bisa masuk ke SMA 90. Bagi gue itu udah lebih dari cukup. Oh iya ada yang lupa. Biarpun gue hobi nyontek. Tapi nilai UN gue murni yah. Gue nggak nyontek, nggak pake bocoran dari sekolah lain, ataupun cara-cara kotor lainnya. Nilai yang gue pegang saat itu adalah nilai hasil jerih payah, serta keringat dan darah gue yang udah mati-matian belajar sampe kepala mau pecah. Makanya gue selalu bangga dengan hasil gue itu.

    Jadi cerita intinya begini. Gue pengen banget masuk SMA. Tapi bokap gue nggak ngizinin gue buat ke SMA. Dia maunya gue daftar ke SMK. Padahal dari gue pribadi, sebenernya gue nggak apa-apa disekolahin di SMA mana aja biarpun bukan di SMA 90, yang penting gue sekolah di SMA. Tapi takdir berkata lain. Dengan bermacam kejadian yang gue sendiri males untuk ngejelasinnya. Akhirnya gue menuruti perintah bokap gue untuk mendaftar di SMK.

     Saat-saat awal sekolah di SMK gue jalani dengan penuh harapan. Harapan kalo SMK nggak beda jauh sama SMA. Gue malah berharap kalo SMK tuh lebih baik. Kurikulum pendidikannya jauh lebih maju. Apa yang ada di SMA, kita dapetin di SMK. Tapi apa yang kita dapetin di SMK, nggak bisa kita dapetin di SMA. Tapi kan itu semua cuma harapan. Kenyataan yang gue dapet adalah, temen-temen gue yang sekolah di SMA, dapet pelajaran IPA yang lengkap yaitu Fisika, Kimia dan biologi. Sedangkan gue di SMK cuma dapet pelajaran IPA dengan hanya 45 menit dalam seminggu. Dan pelajaran yang gue dapet bener-bener cuma dasar-dasar IPA aja. Dan kalo dibandingin sama buku catetan IPA gue di SMP yang dalam satu smester bisa kepake satu buku lebih. Di SMK buku catetan IPA gue yang tipis banget, bisa kepake selama tiga tahun. Kalo nggak percaya silahkan lu semua dateng ke rumah gue dan bakalan gue buktiin kalo gue nggak bohong.

     Oke sekarang kita coba berfikir positif. Mungkin karena di SMK gue ngambil jurusan akuntansi, dan akuntansi itu lebih menjurus ke IPS, makanya kurikulum yang gue pelajarin nggak begitu ditekenin ke IPA. Tapi kenyataan yang gue dapet, temen-temen gue di SMA yang ngambil jurusan IPS mempelajari Geografi, Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, Antropologi dan juga belajar Akuntansi. Damn! Di SMK gue cuma belajar Sosiologi dasar yang nggak jelas kurikulumnya. Gue aja yang sekarang udah kelas 3 masih bertanya-tanya sebenernya selama ini ilmu apa yang udah gue dapet dari mata pelajaran IPS di sekolah. Dan satu hal yang sangat menyesakkan. Setiap hari gue harus ngegaris-garisin buku besar buat bikin jurnal yang gue sendiri nggak tau (sebenernya nggak mau tau) apa maksud dan tujuan dari yang gue kerjakan itu, karena menurut gue hal itu sia-sia. Seharusnya selama tiga tahun itu gue gunakan buat belajar IPA dan pasti tiga tahun gue nggak akan sia-sia. Dan yang paling ajaib adalah, waktu SMP gue paling benci sama pelajaran sejarah. Tapi semenjak mengenal akuntansi, dia langsung berhasil menggeser posisi sejarah dari daftar pelajaran yang gue benci. Standing aplause deh buat akuntansi.

     Harapan terakhir gue adalah, karena di jenjang pendidikin SMA sederajat mempunyai kurikulum Matematika, berarti di SMK juga belajar matematika. Otomatis penderitaan gue cukup di IPA dan IPS aja dong, padahal itu udah berat banget buat gue. Eh tapi tunggu dulu. Matematikanya beda! MATEMATIKANYA BEDA SAUDARA-SAUDARA! Gue nggak dapet pelajaran matematika seperti di SMA. Di SMK matematikanya lebih simpel dan cuma dasar-dasarnya aja. Dan materinya pun nggak mempelajari semua materi yang ada di SMA. Oh God Please, gue langsung mikir kalo nanti setelah lulus, gue bakalan kayak cangkir yang isinya kosong.

     Tiga hal tersebut sebenarnya adalah hal-hal terberat gue di SMK yang selalu jadi beban dalam hidup gue. Dari kelas satu gue udah kepusingan mikirin SNMPTN yang bakal gue hadapin setelah lulus nanti. Apakah gue sanggup menghadapinya. Karena seperti kita ketahui bersama, materi yang diujikan di SNMPTN adalah materi-materi SMA. Dan orang yang udah belajar tiga tahun di SMA aja belum tentu bisa. Apalagi gue yang tiap hari nggak pernah mempelajari materi itu. Gue pun jadi ngedown duluan. Gue pernah mengalami saat-saat terburuk dalam hidup gue gara-gara hal ini. Hidup gue berubah 360 derajat. Sampai-sampai gue menganggap kalau gue berubah begitu drastis seolah-olah malaikat yang berubah jadi iblis.

     Seburuk itukah? Dulu gue fikir emang seburuk itu. Sampai suatu ketika gue membentur-benturkan kepala gue ke tembok dan akhirnya gue jadi idiot. hehehe. Tapi setelah gue berfikir lagi. Ternyata SMK nggak seburuk itu kok. Buktinya gue bisa bertahan sampai di kelas 3. Dan gue bisa memotivasi diri buat bisa lulus SNMPTN biarpun gue berasal dari SMK. Tapi rasanya bakalan terlalu panjang kalo gue menceritakan semua hal itu cuma dalam satu postingan. Pasti bikin jenuh deh. Yang pasti gue bakal ceritain semuanya di lain kesempatan. Semuanya. Termasuk gimana seseorang yang dulunya dianggap seperti bintang yang bersinar, terus tiba-tiba redup, dan ia berusaha menemukan sinarnya kembali.

Bersambung...

Tidak ada komentar: