Kamis, 22 Agustus 2013

Perjuangan Gue Kuliah di Universitas Negeri

Hello...
     Rasanya udah lamaaa banget gue meninggalkan blog ini. Kangen juga ya nulis di blog. Terakhir gue posting di blog ini tanggal 26 Januari 2013 dan sekarang udah tanggal 22 Agustus 2013. Berarti udah tujuh bulan nih gue ninggalin blog. waah harus dirayain nih nujuh-bulanan blog gue. Hehehe.
     Jadi kegiatan gue selama tujuh bulan terakhir adalah sibuk sama UN dan persiapan masuk kuliah. As you know, kemaren gue UN 20 paket dan tingkat kesulitan untuk kategori soal yang sulit bertambah menjadi 20%. Tapi itu nggak jadi masalah karena kalau kita mempersiapkan dengan baik pasti kita bisa lulus.
     Fokus gue yang lebih penting saat itu adalah kuliah. Saking pengennya gue kuliah di Universitas Negeri, gue sampe mengikuti banyak jalur seleksi masuk universitas. Gue jabarin satu-satu yaa.

     Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Tahun ini pola pendaftarannya agak beda. Kalo tahun sebelumnya kan persentasenya 50% SNMPTN tulis, 30% SNMPTN undangan, dan 20% seleksi mandiri. Nah kalo pas angkatan gue tuh SNMPTN nya cuma pake nilai rapot yang persentasenya 50% dari jumlah kursi di perguruan tinggi. Di sini latar belakang sekolah menjadi salah satu faktor penentu kelulusan.Gue sendiri memilih dua universitas yaitu Universitas Indonesia dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Gue memilih jurusan yang sama di kedua universitas tersebut yaitu psikologi dan ilmu ekonomi islam. Entah apa yang ada di kepala gue saat itu hingga memilih jurusan ekonomi islam padahal gue rada illfeel sama rumpun ekonomi, termasuk akuntansi, padahal gue sekolah di SMK jurusan akuntansi. Hasil dari SNMPTN tersebut adalah sekolah gue nggak ada yang lolos. Mungkin sekolah gue kurang dipertimbangkan oleh universitas. Tapi ya sudahlah mau gimana lagi.
     SPMB-PTAIN. Kepanjangannya cari sendiri di google, soalnya gue males panjang banget. Intinya jalur ini adalah seleksi eksklusif antar UIN, IAIN, dan STAIN se-Indonesia. SPMB-PTAIN ini sendiri punya dua jalur, yaitu jalur tertulis dan undangan (yang pake nilai rapot). Gue ikut yang jalur undangan karena gratis. Hehehe. Gue pilih UIN Jakarta jurusan pendidikan matematika, psikologi sama akuntansi. Terus pilihan keduanya UIN Bandung jurusan pendidikan matematika, psikologi, dan jurnalistik. Hasilnya sama seperti SNMPTN, gue nggak diterima. Tapi ada loh salah satu temen gue yang diterima di UIN Banten. Tapi dia nggak ambil. Dan sekarang orangnya otw ke STAN.
     Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ini adalah gantinya SNMPTN tertulis. Bedanya, kalau taun lalu kuotanya 50%, taun ini berkurang jadi 30%. Karena gue pake bidikmisi, gue bisa ikut SBMPTN gratis. Tapi konsekuensinya, gue nggak bisa milih UIN karena tahun ini UIN gak bisa bidikmisi. Akhirnya gue memutuskan untuk memilih UNJ jurusan psikologi, akuntansi dan pendidikan ekonomi. Gue memilih UNJ karena daya tampungnya saat itu lumayan banyak. Psikologi sama akuntansi nerima 80 orang, sedangkan pendidikan ekonomi 130 orang. Tapi tetep aja gue nggak diterima. Ya sudahlah mau gimana lagi.
     SIMAK UI. Nah ini dia kesempatan terakhir gue buat masuk UI. Gue ikut SIMAK gratis karena punya akun bidikmisi. Karenap pake bidikmisi, gue cuma bisa milih tiga jurusan kelas reguler. Akhirnya gue ambil psikologi, akuntansi sama komunikasi. Bisa dibilang, perjuangan gue buat masuk UI adalah yang paling berat. Gue dapet tempat tes di Salemba dan saat itu gue lagi nggak enak badan. Gue pun memaksakan diri berangkat naik busway dari Blok-M ke Salemba. Itu rasanya pusing banget, gue yang udah niat mau baca buku di bus, akhirnya gak jadi karena pusing. Saat itu gue cuma bisa berdoa, semoga rasa sakit itu, nanti terbayar dengan status diterima di UI. Sekedar info, gue pengen banget bisa kuliah psikologi di UI. Ketika transit di Harmoni, gue tuh rasanya pengen muntah karena perut gue mual ditambah kepala pusing. Akhirnya gue duduk sebentar sambil memotivasi kalo gue kuat. Malu banget kalo sampe muntah di situ. Mau ditaro mana muka guee?! Tapi untung gue nggak muntah. Gue berhasil sampai di tempat tujuan. Gue mengikuti tes sampe selesai dalam keadaan sakit.
     Perjuangan gue belum selesai sampe di situ. Pas pulang, gue kan naik busway lagi, ternyata di Monas ada festival perayaan HUT DKI. Bus yang gue tumpangi nggak bisa jalan. Akhirnya supir buswaynya ngasih pilihan, mau turun atau tunggu di busway kira-kira sampe jam 6 sore. Aduuh kenapa nggak bilang dari tadi aja si pas di Harmoni, jadi kan gue bisa naik yang ke arah Lebak Bulus. Karena gue belom shalat Ashar dan waktu sudah menunjukkan pukul 17.00, akhirnya gue memutuskan untuk turun. Kebetulan gue pernah PKL di BPPT Kementerian Ristek yang letaknya nggak jauh dari Monas. Jadi gue bisa shalat di situ. Tadinya gue pikir tuh festival cuma di sekitar Monas aja, jadi gue bisa naik kopaja 16 dari Sarinah. Ternyata eh ternyata, itu festival panjaaang bangeeett. Gue jalan sampe bunderan HI jalanan masih ditutup juga. Gua jalan terus sampe UOB Buana Tower, udah mulai ada mobil, tapi gue gak liat kendaraan umum. Akhirnya gue jalan terus sampe stasiun Sudirman. Pokoknya sepanjang jalan gue selalu berdoa biar perjuangan gue hari ini bisa terbayar dengan diterima di psikologi UI. Pas udah nyampe stasiun Sudirman gue berfikir buat naik kereta, tapi sebelumnya gue gak pernah naik kereta, jadi gak tau harus naik kereta yang mana. Tapi kalo gue jalan kaki sampe Semanggi, gue mungkin bisa mati (lebay). Tiba-tiba muncul sebuah keajaiban. Dari kejauhan terlihat bus patas non AC yang gue gak tau rutenya ke mana. Tapi daripada gue jalan, mending gue naik aja. Lagian juga kalo nyasar masih di Jakarta. Ternyata bus itu ke arah Tanah Abang. Ketika lewat Semanggi, gue turun dan melanjutkan naik kopaja 66 ke arah Blok-M. Kemudian gue shalat maghrib dan melanjutkan perjalanan pulang. Karena rumah gue di Srengreng jadi gue naik metromini 70. Sebenernya bisa juga naik kopaja 609 tapi gue jarang banget naik itu karena di Cipulir sering macet. Gue sampe rumah jam 8 malem. Ternyata di rumah sudah tersedia ayam bakar. Yaudah langsung aja gua makan. :D
     Sesudah itu gue selalu berdoa tiap hari supaya diterima di UI. Hingga tiba saatnya pengumuman tanggal 19 Juli 2013, gue mengetik nomor ujian gue dengan penuh harap sambil terus berdoa. Ya Allah izinkan aku masuk UI Ya Allah. Kemudian gue ketik enter berharap ada kata selamat di situ. Jreng! jreng! Ternyata setelah berjuang begitu keras. Setelah menunggu begitu lama. Adalah kata maaf yang gue dapatkan. Gue bener-bener sedih. Gue pun menangis. Serius gue nangis. Tapi nangisnya bukan saat itu juga. Jadi gue harus ke sekolah dulu nyerahin transkip nilai PKL buat dibikinin sertifikat. Terus pas pulang ke rumah baru dah gue nangis. Padahal saat itu lagi puasa. Kan waktu gue kecil katanya kalo nangis itu puasanya batal yah. Gue gak ngerti kenapa bisa gitu. Mungkin nangisnya sambil makan bakso kali yah makanya bisa batal. Yah gue nangis selama kurang lebih lima menit. Terus gue tarik nafas dan menyadari kesempatan gue buat kuliah di UI taun ini udah hilang. Yaudah deh, besoknya gue udah gak nangis lagi. Cukup lima menit aja nangisnya. Dasar air mata buaya. Hahaha.
     SPMB Mandiri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ini adalah satu-satunya seleksi yang gue bayar, karena nggak bisa pake bidikmisi. Dan ini bener-bener kesempatan terakhir gue buat bisa kuliah taun ini. Gue milih jurusan psikologi dan akuntansi. Tesnya agak gampang karena pelajaran yang diujikan nggak terlalu SMA banget (terjangkau oleh anak SMK). Gue sih optimis tapi tetep berserah diri kepada Allah. Secara kan gue udah belajar pelajaran SMA sejak selesai UN. Gue juga udah ngerjain soal SBMPTN sama SIMAK UI yang lebih susah dari ini. Akhirnya pada tanggal 3 Agustus 2013, gue diterima di fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
     Itulah perjuangan gue buat masuk universitas negeri. Perlu diketahui bahwa kami anak SMK harus berjuang lebih keras buat bisa dapet kampus negeri. Karena pelajaran yang kami dapatkan di sekolah jauh berbeda dengan pelajaran anak SMA. Sedangkan pelajaran yang diujikan dalam seleksi masuk perguruan tinggi adalah pelajaran SMA. Mungkin kesalahan gue adalah nggak belajar pelajaran SMA sejak dini. Gue malah fokus dapet nilai UN gede. Oke emang berhasil, menurut gue nilai UN gue lumayan bagus dan gue pun bangga bukan karena angkanya tapi karena gue mengerjakannya dengan JUJUR. Tapi gue lupa kalau tujuan utama gue adalah kuliah. Harusnya gue lebih mengutamakan materi buat seleksi perguruan tinggi daripada nilai UN. Toh nilai UN juga nggak dipake buat masuk perguruan tinggi. Tapi ya sudah lah. Nasi udah jadi bubur. Yang penting sekarang gue tetep bisa kuliah negeri. Meskipun bukan UI. Seenggaknya UI Negeri. Hehehe. :p
     Selanjutnya gue akan menceritakan semua tentang kegiatan di fakultas psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Semua posting tentang UIN bakal gue kasih label "kuliah". Besok tanggal 28-31 Agustus 2013 gue udah mulai OPAK (OSPEK). Tanggal 2 September udah mulai perkuliahan. Udah nggak sabar nih pengen cepet-cepet belajar psikologi. Hehehe.

14 komentar:

Diana nashiroh mengatakan...

Kaka.. aku diana, salam kenal ya :-D
Mau tanya dong aku kelas 12 MA ambil jurusan ipa, aku minat banget ke psikologi di UIN jakarta. Nah kalo lewat jalur undangan (SNMPTN) yg di liat nilai apa buat masuk psikolog? Katanya kalo di UIN jakarta psikologi prodi nya IPS ? Minta solusi ka..

Septian Dwi Cahyo mengatakan...

Hai diana... Salam kenal yaah. Untuk SNMPTN tidak diberitahukan secara spesifik dan transparan mengenai nilai apa saja yg pembobotan nya lebih besar. Tapi snmptn bukan hanya melihat dari nilai rapot saja, melainkan juga melihat prestasi siswa dan akreditasi sekolah, juga alumni2 sekolah kamu yg ada di universitas tersebut. Untuk psikologi UIN sendiri prodi nya IPS, tapi banyak kok teman2 dari jurusan IPA yg diterima di psikologi. Tetap semangat yaa... Insya Allah ada jalan kok... :)

vickychuu13 mengatakan...

kaka slam kenal , aku baru ni mau masuk ui sama uin .. jiper si tapi semoga aja beruntung .. test nya susah engga si ka ?

Unknown mengatakan...

emangnya uin jakarta ga ada bidikmisi tahun sekarang?

Anonim mengatakan...

Kaka.. Permisi ya ka, mau tanya
Waktu kaka tes spmb di uin, pelajaran apa saja yang kakak ujiankan, ya?
Trima kasih, ka..

Septian Dwi Cahyo mengatakan...

Halo mouchil, waktu saya ikut SMPB, yang diujiankan itu kemampuan dasar (B.Ind, B.Ing, MTK), tes bakat skolastik (semacam TPA), tes jurusan (IPA/IPS), dan Agama Islam. Tapi tergantung jurusan yg kamu pilih, karena untuk jurusan agama, ada tes b.arab juga...

Itu waktu tahun 2013, mungkin sekarang sudah berbeda peraturannya, jadi coba kamu cek juga ke website resmi UIN yah... :)

Unknown mengatakan...

kak mau tanya, waktu itu test uin jam brp ya mulai nya? pagi atau siang?

Tama mengatakan...

Lanjutkan Postingannya, Salam dari Fakultas Adab

Tama mengatakan...

Lanjutkan Postingannya, Salam dari Fakultas Adab

Universitas Psikologi mengatakan...

Belajar atau kuliah online psikologi di Universitas Psikologi . Semoga bermanfaat.

Artikel Psikologi Terbaru:
- Komponen Pendidikan Inklusif
- Modalitas Belajar dan Strategi Belajar


Hamba allah mengatakan...

Ka nma ignya apaan ka? No wa ? Mo tnya tnya simak ui :') huhu

Errriii mengatakan...

Mau tanya ka klo untuk ambil prodi saintek kya SI pake bahasa arab ga ya ?

Errriii mengatakan...

Mau tanya ka klo untuk ambil prodi saintek kya SI pake bahasa arab ga ya ?

Errriii mengatakan...

Mau tanya ka klo untuk ambil prodi saintek kya SI pake bahasa arab ga ya ?